Bahkan bayi berusia satu setengah tahun bisa menebak apa yang orang lain pikirkan, demikian dilaporkan hasil penelitian baru.
Hasilnya
diterbitkan pada 29 Januari 2013, dalam jurnal “Proceeding of Royal
Society: B”, yang berasal dari sebuah penelitian terhadap anak-anak di
seluruh dunia, dari pedesaan Cina hingga kepulauan terpencil di Fiji.
Sebelumnya para ilmuwan menduga kemampuan memahami perspektif orang lain
muncul pada usia yang lebih tua pada anak-anak.
Temuan tersebut
mungkin menjelaskan kemampuan sosial yang membedakan kita dari kerabat
paling dekat kita, simpanse, ujar penulis studi H. Clark Barrett,
seorang antropolog di University of California, Los Angeles. Penelitian
ini menggunakan bentuk tes keyakinan-palsu, salah satu dari beberapa
tugas kognitif yang bisa dilakukan anak-anak, tetapi tidak bisa
dilakukan oleh primata.
Manusia sangat hebat dalam menyimpulkan
keadaan mental orang lain: emosi mereka, keinginan mereka dan, dalam
kasus ini, pengetahuan mereka, ujar Barrett. "Jadi hal itu bisa
memainkan peran penting dalam transmisi budaya dan pembelajaran sosial."
Tes klasik
Pada tes klasik pemahaman
anak-anak yang disebut tugas keyakinan-palsu, satu orang datang ke kamar
dan menempatkan sebuah objek (seperti sepasang gunting) ke dalam
tempat persembunyian. Orang kedua kemudian datang dan meletakkan gunting
ke dalam sakunya, tanpa sepengetahuan individu pertama. Ketika orang
pertama kembali, seseorang akan bertanya kepada seorang anak, "Di mana
menurut Anda orang pertama akan mencari gunting?"
Tugas ini sulit
karena anak-anak harus memiliki teori pikiran, atau kemampuan untuk
memahami perspektif orang lain, dalam hal ini individu tidak melihat
gunting diambil oleh orang lain.
Pada usia 4-7 tahun, kebanyakan
anak di negara-negara Barat dapat menjawab bahwa orang pertama akan
mencari di tempat persembunyian awal, karena individu tersebut tidak
tahu gunting telah pindah. Tapi anak-anak di seluruh dunia cenderung
memberikan jawaban berbeda pada usia yang berbeda.
Namun, hasil
kerja pada masa lalu menunjukkan bahwa jika para peneliti tidak
mengajukan pertanyaan pada bayi, melainkan mengikuti gerakan mata bayi,
anak-anak tampaknya memahami konsep tersebut jauh lebih cepat. Barrett
dan rekan-rekannya bertanya-tanya apakah perbedaan budaya dalam
berurusan dengan orang dewasa bisa menutupi lompatan kognitif
menakjubkan yang dilakukan anak.
Pemahaman universal
Untuk
mengetahuinya, para peneliti mempelajari hampir semua anak-anak yang
tersedia dalam tiga komunitas di Cina, Fiji dan Ekuador dari usia 19
bulan sampai sekitar 5 tahun (sekitar 91 anak-anak secara total).
Tim
ini menciptakan sebuah drama dengan latar yang sangat mirip dengan tes
klasik palsu-keyakinan: Seorang pria meninggalkan beberapa gunting
disembunyikan dalam kotak, sementara orang lain datang dan memindahkan
gunting ke dalam sakunya.
Selama permainan, karena ia mengantongi
gunting, orang kedua diam sesaat, "bertopang dagu, menatap
langit-langit dan berkata," Hmm, aku penasaran di mana mereka akan
mencari gunting, '" ujar Barrett pada LiveScience.
Para peneliti kemudian merekam reaksi anak-anak dalam permainan tersebut di sebuah video.
Anak-anak
secara konsisten memandang kotak, menunjukkan bahwa anak-anak kecil
memperkirakan orang pertama untuk mencari gunting di tempat ia
meninggalkan mereka. Memahami apa orang pertama percayai, dan juga apa
yang dia tidak tahu, diperlukan anak-anak untuk membuat kesimpulan yang
rumit tentang pengetahuan orang lain.
Awal pengembangan
Temuan
itu menunjukkan bahwa anak-anak mengembangkan kemampuan membaca pikiran
beberapa tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya, dan
perkembangan ini terlihat sama di berbagai budaya.
Temuan ini
menunjukkan bahwa keterampilan itu sendiri bersifat universal dan
perbedaan dengan budaya lainnya mungkin membuat percobaan sebelumnya
tidak akurat.
Misalnya, di banyak masyarakat, orangtua tidak
membuat kebiasaan mengajukan pertanyaan retoris pada anak seperti, "Apa
yang sedang sapi lakukan?" padahal orang dewasa sudah tahu jawabannya.
Anak-anak
di budaya-budaya seperti itu dapat bingung dengan pertanyaan-pertanyaan
dan mungkin berpikir, "Mengapa bertanya kepadaku, Anda seharusnya sudah
tahu itu?" ujar Barrett.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar