Laman

Sabtu, 02 Februari 2013

Lakukan Ini Agar Rumah Bebas Virus Flu dan Pilek

 
Jakarta, Virus penyebab flu dan pilek bisa menyebar di ruangan atau menempel di benda-benda tertentu. Agar rumah bebas dari infeksi virus ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Para ahli mengungkapkan virus flu bisa tetap hidup di permukaan sampai 3 jam lamanya. Beberapa tempat di rumah bisa menjadi tempat bersembunyinya virus tersebut seperti sofa, remote televisi atau gagang pintu.

Allison Janse dalam buku 'The Germ Freak's Guide To Outwitting Colds and Flu' mengungkapkan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dimulai dengan menggunakan handuk atau tisu sekali pakai.

Selain itu jika masih menggunakan spons atau sikat untuk mencuci piring, ada baiknya membersihkan kedua barang tersebut secara teratur termasuk tempat untuk cuci piring.

Beberapa hal lain juga bisa dilakukan agar rumah bebas dari virus flu dan pilek, seperti dikutip dari Medindia, Sabtu (2/2/2013) yaitu:

1. Gosok wastafel kamar mandi
Daerah ini bisa jadi hotspot yang baik bagi virus flu dan juga pilek, jadi pastikan dibersihkan dengan baik menggunakan desinfektan. Bersihkan mangkuk wastafel, kran dan juga bagian lain dari wastafel.

2. Tidak meletakkan sikat gigi bersama-sama
Orang biasanya suka meletakkan sikat gigi beberapa orang di satu tempat. Untuk hindari virus usahakan menaruh sikat gigi secara sendiri-sendiri sehingga mengurangi risiko kemungkinan adanya kontaminasi silang.

3. Bersihkan dengan desinfektan
Beberapa tempat di rumah bisa menjadi sarang bagi kuman dan virus untuk berlindung. Sebaiknya bersihkan dengan desinfektan lokasi-lokasi seperti gagang pintu, remote televisi, keyboard komputer dan tempat lain yang sering dipegang.

4. Mencuci seprai secara teratur terutama setelah flu
Tanpa disadari ketika flu dan pilek, virus bisa menempel dimana-mana termasuk seprai, selimut dan sarung bantal guling. Untuk itu cuci seprai, selimut dan sarung secara teratur terutama setelah terkena flu dan pilek.

5. Cuci tangan menggunakan sabun
Berbagai studi telah mengungkapkan cuci tangan menggunakan sabun bisa mengurangi risiko penyakit infeksi menular, termasuk flu dan juga pilek. Pastikan mencuci tangan dengan air mengalir secara teratur selama 20-25 detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar