Laman

Rabu, 23 Januari 2013

Ahok: Bayangin, Lebih dari Lima Tahun Sungai di Jakarta Tidak Dikeruk!



Jakarta - Banjir lima tahunan yang melanda Jakarta juga merupakan akibat tidak dilakukannya pengerukan rutin badan sungai yang melintasi Jakarta. Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama mengaku, sungai-sungai di Jakarta tidak dikeruk selama lebih dari lima tahun dan anggaran untuk pengerukan juga sangat minim.

"Bayangin sudah lebih dari lima tahun, sungai-sungai kita tidak pernah dikeruk. Kalau kita baca sejarah, Belanda itu punya anggaran untuk keruk, sedangkan anggaran untuk air kita hanya 2% dari APBD," ujar Ahok ketika ditemui wartawan di Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Ahok juga mengatakan, walaupun Jakarta selalu dilanda banjir setiap tahun, masih belum ada kesadaran dari pemerintah Jakarta untuk melakukan pengerukan 13 sungai di Jakarta. "Kita tahu (Jakarta) ada banjir terus tapi tidak pernah ada pengerukan, bayangkan," keluh Ahok.

Sehingga, lanjut Ahok, saat ini harus ada pengerukan 13 sungai Jakarta untuk mengantisipasi banjir lima tahunan yang lebih besar dikemudian hari.

"Saat ini Pak Gubernur ingin tindakan cepat, makanya saat ini kita akan melakukan pengerukan di 13 sungai-sungai, sekarang satu-dua (sungai) dulu, kalau sudah lima tahun kan bisa keliling selesai pengerukannya," kata Ahok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar