Halaman

Sabtu, 02 Februari 2013

Eks Dirut CIA Komentari Film Perburuan Osama

Washington - Mantan Direktur Intelijen CIA, Leon Panetta, akhirnya mengomentari film 'Zero Dark Thirty' yang mengisahkan perburuan Osama bin Laden dan saat penyergapannya di Pakistan. Panetta menyebut film Holywood itu sebagai karya yang baik.

"Itu adalah sebuah film. Film yang bagus tetapi saya hidup di dunia nyata," ujar Panetta seperi diberitakan news.com.au, Minggu (3/1/2013).

Panetta yang akan turun dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan ini mengatakan, film yang dibintangi oleh Jessica Chastain itu adalah bukan gambaran sejarah yang dilakukan oleh intelijen saat dirinya memimpin CIA tahun 2009 hingga tahun 2011.

"Ini agak sulit bagi saya untuk mengambil semua apa yang saya lihat dan semua pekerjaan yang telah dilakukan dan yang terlibat dalam operasi itu," kata Penetta.

"Dan semua orang yang bekerja dalam hal itu dan berpikir Anda bisa meletakkannya dalam dua jam film. Anda benar-benar tidak bisa," imbuhnya.

Namun mantan orang nomer satu di intelijen Amerika ini mengapresiasi film tersebut. Film itu mengisahkan kerja keras CIA yang dilakukan selama bertahun-tahun untuk melacak Osama hingga sampai ke tempat persembunyiannya di Pakistan.

"Saya pikir orang harus membuat penilaian mereka sendiri. Ada bagian dari film itu yang memberikan rasa yang baik tentang bagaimana operasi intelijen melakukan pekerjaannya. Tapi saya juga berpikir orang pada akhirnya harus memahami bahwa itu bukan dokumenter, itu film," tegasnya.

Terkait metode penyiksaan yang digambarkan di dalam film tersebut, Panetta menyebut bahwa proses introgasi yang keras berperan dalam menemukan Osama bin Laden. Namun Panetta menyebut hal tersebut bukan hal yang menentukan dalam penemuan Osama.

"Tapi saya pikir itu sulit untuk mengatakan bahwa mereka (metode penyiksaan) adalah elemen penting. Saya pikir itu adalah bagian dari teka-teki besar bahwa Anda harus menempatkan bersama-sama dalam rangka untuk akhirnya menemukan di mana bin Laden," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar