Laman

Senin, 04 Februari 2013

Sering Merasa Lapar? Bisa Jadi Ini karena Mikroba dalam Usus

Jakarta, Dalam usus manusia dan hewan, dihuni oleh ratusan mikroba usus yang memainkan peran penting dalam proses pencernaan. Mikroba tersebut juga dapat mengemudikan nafsu makan dan hal ini mungkin menjadi alasan mengapa Anda seringkali merasa lapar.

"Mikroba usus dapat merespons nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi dengan sangat baik dan ditandai dengan produksi hormon yang seimbang," kata Vic Norris, peneliti dari University of Rouen, Perancis.

Mikroba usus diperkirakan dapat berinteraksi dengan sistem saraf mamalia, yang disebut dengan sistem saraf enterik, untuk merangsang saluran pencernaan. Sistem enterik ini terdiri dari setengah miliar neuron, dibandingkan dengan 85 miliar neuron yang terdapat dalam sistem saraf pusat.

Hal inilah yang menyebabkan mikroba usus terkait dengan kanker, sindrom metabolik, dan penyakit tiroid. Ketidakseimbangan mikroba usus bahkan dapat mempengaruhi gangguan mood akibat perilaku hormon dopamin dan peptida yang terlibat dalam nafsu makan.

"Bakteri usus, Campilobacter jejuni diketahui terlibat dalam induksi kecemasan pada tikus yang membuatnya tidak tahan lapar," tambah Norris.

Jika seseorang mudah sekali merasa lapar meski baru saja makan, mungkin terjadi gangguan keseimbangan jumlah mikroba dalam usus atau makanan yang Anda makan tidak mengandung cukup nutrisi yang diperlukan mikroba untuk berinteraksi dengan sistem saraf enterik.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan makan makanan bergizi dan menjaga keseimbangan jumlah mikroba usus. Penuhilah kebutuhan probiotik yang baik untuk usus dan terkandung dalam makanan seperti yogurt, keju, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Bacteriology, seperti dikutip dari topnews, Jumat (21/12/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar