Laman

Sabtu, 26 Januari 2013

Brighton & Hove Albion 2 – 3 Arsenal

Theo Walcott mencetak gol di penghujung pertandingan untuk mengamankan satu tempat bagi Arsenal di putaran kelima Piala FA.
Tim asuhan Gus Poyet menunjukkan kualitas mereka sebagai kandidat kuat promosi dengan menekan Arsenal di semua lini sebelum usahanya untuk menjagal Arsenal digagalkan oleh pemain pengganti, Theo Walcott, lima menit sebelum waktu normal habis.
Arsenal dua kali memimpin lewat Olivier Giroud namun Brighton selalu berhasil menyamakan kedudukan lewat Ashley Barnes dan debutan mereka Leonardo Ulloa.


Arsene Wenger memainkan Jack Wilshere dan Theo Walcott pada babak kedua untuk menambah daya gedor Arsenal. Walcott berhasil menjalankan instruksi yang diberikan kepadanya lewat sebuah tendangan voli setelah Casper Ankergren meninju keluar bola yang dikirimkan oleh Arsenal melalui sebuah tendangan penjuru.
Ini adalah ujian sulit bagi Arsenal yang sedang berusaha memenangkan trofi pertamanya dalam delapan tahun dan Wenger sangat lega dengan hasil yang diraih oleh anak-anak asuhnya.
Kedatangan Arsenal ke Amex Stadium berhasil membuat Brighton memecahkan rekor penonton terbanyaknya namun Arsenal tidak turun dengan kekuatan terbaiknya di awal pertandingan karena Wenger memilih untuk menempatkan Jack Wilshere, Theo Walcott, dan Santi Cazorla di bangku cadangan.
Brighton menunjukkan bahwa mereka tidak gentar menghadapi lawan yang berada di divisi yang lebih tinggi dari mereka dengan melepaskan ancaman terlebih dahulu. Namun tendangan voli Barnes masih dapat digagalkan oleh Szczesny.
Segera setelah Brighton gagal memanfaatkan peluang yang dimilikinya, Arsenal melancarkan serangan cepat. Giroud berhasil menyarangkan bola dengan indah ke gawang Ankergren lewat tendangan kaki kiri dari jarak 20 yard.

Brighton tidak hancur karena gol itu. Mereka terus menekan Arsenal dari sisi kiri pertahanan tim London Utara itu, memanfaatkan Andre Santos sebagai titik lemah Arsenal.
Brighton berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-33 setelah Barnes membayar kegagalannya dengan menanduk bola hasil crossing David Lopez ke gawang Arsenal.
Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.
Arsenal mengancam lewat Lukas Podolski. Tendangan bebas pemain Jerman ini berhasil melewati pagar pemain dan tidak dapat diraih oleh Ankergren namun bola tendangannya membentur mistar gawang.

Giroud akhirnya berhasil membawa Arsenal kembali unggul setelah berhasil menerima umpan manis dari Diaby dan meloloskan diri dari Adam El-Abd untuk melesakkan bola dari jarak dekat pada menit ke-56.
Brighton menunjukkan karakter kuat mereka dengan menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya enam menit berselang. Brighton benar-benar memanfaatkan kelemahan Arsenal dengan lagi-lagi mengirimkan bola lambung lewat Barnes yang kemudian disambut dengan diving header oleh Ulloa.
Wenger kemudian menarik keluar Oxlade-Chamberlain dan Rosicky untuk memberi tempat kepada Walcott dan Wilshere.

Keputusan ini berbuah manis karena Walcott berhasil memanfaatkan keputusan salah yang dibuat Ankergren untuk membawa Arsenal unggul untuk ketiga kalinya dalam pertandingan ini. Tendangan volinya membentur El-Abd dan melesak masuk ke gawang Brighton.
Secara keseluruhan, Arsenal menguasai 59% jalannya pertandingan. Mereka melepaskan 12 tendangan sementara Brighton hanya berhasil melakukan lima. Enam usaha Arsenal menemui sasaran dan Brighton hanya mampu melakukan setengah dari usaha Arsenal. Sepanjang pertandingan Arsenal menunjukkan dominasinya dengan memenangkan 15 tendangan penjuru, jauh mengungguli dua tendangan penjuru yang didapatkan oleh Brighton. Kedua tim sangat ketat dalam hal pelanggaran dengan Brighton dihukum sembilan kali dan Arsenal menerima satu hukuman lebih banyak. Wasit Michael Oliver mengganjar David Lopez, Aaron Ramsey, dan Olivier Giroud dengan kartu kuning.
Susunan pemain
Brighton: Ankergren, Greer (Dicker 37’), El-Abd, Calderon, Bridge, Hammond, David Lopez, Bridcutt, Buckley (LuaLua 46’), Barnes, Ulloa (Mackail-Smith 73’)
Arsenal: Szczesny, Mertesacker, Koscielny, Santos (Gibbs 78’), Jenkinson, Diaby, Rosicky (Wilshere 68’), Oxlade-Chamberlain (Walcott 68’), Ramsey, Podolski, Giroud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar