Laman

Minggu, 20 Januari 2013

Real Sociedad 3 – 2 Barcelona

Rekor tak terkalahkan Barcelona di La Liga akhirnya terhenti setelah mereka takluk 3-2 di tangan Real Sociedad di Anoeta Stadium, Minggu (20/1) dini hari WIB.
Real Madrid sebelumnya menjadi satu-satunya tim yang meraih poin ketika melawan tim asal Catalan berkat hasil seri 2-2 pada bulan Oktober 2012 di musim ini. Namun, usaha Madrid tersebut masih kalah heroik dari tim asal Basque ini, yang berhasil membalikkan keadaan setelah tertinggal dua gol terlebih dahulu.
Lionel Messi mencatatkan rekor selalu mencetak gol dalam 10 pertandingan berturut-turut ketika dia membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan 7 menit. Pedro kemudian menambah keunggulan pada menit ke-25 dan sepertinya membuat Barca berada di atas angin.
Namun, Sociedad berhasil memberikan respon positif 5 menit kemudian sebelum jeda babak pertama melalui Chori Castro. Mereka kemudian memanfaatkan keuntungan dari kartu merah yang diterima Gerard Pique pada babak kedua untuk menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Javier Mascherano saat pertandingan sudah berjalan satu jam.

Pertandingan sepertinya akan berakhir sama kuat, namun pemain pengganti Imanol Agirretxe mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan untuk meraih kemenangan bersejarah bagi tim tuan tumah. Barca kini akan melihat keunggulan mereka hanya tersisa 8 poin jika Atletico Madrid berhasil menaklukkan Levante.
Cesc Fabregas, Pedro dan Pique kembali ke dalam starting line-up Barca bersama Alex Song, Alexis Sanchez dan Javier Mascherano setelah bekerja keras aat melawan Malaga di Copa Del Rey pada tengah pekan.
Tim asal Catalan ini berhasil unggul hanya 7 menit setelah pertandingan dimulai. Messi berhasil memenangkan duel satu lawan satu dan tak membuat kesalahan dengan mencetak gol dari pinggir kotak penalti lawan setelah Barca berhasil menggagalkan peluang Claudio Bravo.

Xabi Prieto, yang mencetak hat-trick ketika timnya menghadapi Real Madrid, memberikan respon dengan tendangannya yang masih menyamping dan mengenai jaring gawang setelah melakukan pergerakan yang cerdas dari tendangan bebas yang diterima timnya. Barca seharusnya bisa mencetak gol lagi, namun Pedro masih kurang beruntung dan hanya mampu melihat tendangannya membentur tiang jauh.
Namun, pada akhirnya gol kedua berhasil tercipta saat Dani Alves memberikan umpan manis di dalam kotak penalti Sociedad dan diakhiri dengan sempurna oleh Pedro dari jarak dekat. Messi bisa membuatnya menjadi 3-0 lima menit sebelum turun minum setelah mengelabui Bravo. Sayang, bola tersebut berhasil dibuang oleh Mikel Gonzalez.
Sebaliknya, dalam beberapa saat kemudian kedudukan berubah menjadi 2-1. Chori dengan apik berhasil mengontrol bola hasil umpan Carlos Vela di dalam area penalti. Pemain asal Uruguay tersebut berada di posisi yang tepat dan menembakkan bola ke pojok bawah gawang Barcelona.

Pendukung tim tuan rumah kembali bersuara. Chori hampir saja menyamakan kedudukan dengan peluang yang mirip dengan gol pertamanya. Namun kali ini Victor Valde berhasil mencegahnya dan menangkis tembakannya.
Barca semakin kebingungan dengan Sociedad yang mendadak bangkit dari kekalahan. Saat babak kedua baru berjalan 11 menit, mereka semakin tertekan akibat kartu kuning kedua yang dierima oleh Pique karena melanggar Vela.

Tim Catalan yang kini hanya bermain dengan 10 orang semakin dibombardir oleh Sociedad. Hasilnya, melalui sebuah umpan silang yang tidak ditangani dengan baik oleh pemain belakang Barcelona, Chori mengambil keuntungan dan mengirimkan tembakan yang dibelokkan arahnya oleh Mascherano meski sempat disentuh oleh Valdes.
Pertandingan ini sepertinya akan berakhir sama kuat. Namun memasuki masa injury time, Agirretxe berhasil memanfaatkan umpan silang Carlos Martinez untuk menyegel kemenangan bagi Sociedad dan mencetak sejarah bagi klub asal Basque ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar