Laman

Rabu, 23 Januari 2013

Hari ke-100 Jokowi Normalisasi 80 Ha Waduk Pluit Butuh Dana Hampir Rp 1 T

 
Waduk Pluit yang penuh sampah
 
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan menormalisasi Waduk Pluit seluas 80 hektar. Butuh dana hampir Rp 1 triliun untuk normalisasi Waduk Pluit.

"Waduk Pluit itu sebetulnya idealnya kedalamannya 10 meter. Tapi sekarang cuma dua sampai 3 meter, sehingga kapasitasnya tidak sesuai dengan air yang masuk. Kalau waduknya bisa 10 meter, nah air yang ditampung bisa langsung dibuang, ini kapasitasnya gede banget lho, karena luasnya itu 80 hektar. Itu dirancang untuk mengambil air semuanya," ujar Jokowi ketika ditanya mengenai Waduk Pluit.

Hal itu disampaikan Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2013).

"Sudah kita hitung, untuk sheet pile-nya itu sekitar Rp 190-an miliar. Kemudian pengerukan totalnya ada hampir Rp 800-an miliar. Jadi hampir Rp 1 triliun. Tetap akan dimulai tahun ini, anggarannya tetap anggaran awal," imbuhnya.

Mengenai relokasi warga di bantaran Waduk Pluit, Jokowi yakin warga mau direlokasi. Jokowi menegaskan waduh adalah tempat air, bukan hunian.

"Waduk itu untuk air. Nanti kan pada saat itu dikerjakan jadi mau nggak mau, karena waduk itu untuk air. Itu komunikasi saja. Yang mau pindah ke rusun dengan kesadaran silakan. Rusun lengkap dengan kasur, meja, kursi dan lainnya," jelas dia.

Pemprov DKI akan langsung bergerak. Pada Kamis besok pagi, normalisasi dan relokasi akan dilakukan.

"Ya langsung darurat besok pagi, yang rutinitas dari PU. Yang rusak diperbaiki. Tadi sudah saya perintahkan dan itu juga sudah dikerjakan karena memang terlalu banyak tempatnya. Itu bukan tanggung jawab kita saja," papar dia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar