Laman

Minggu, 20 Januari 2013

Tottenham Hotspur 1 – 1 Manchester United

Clint Dempsey mencetak gol penyeimbang bagi Tottenham Hotspur di akhir pertandingan untuk mencegah Manchester United meraih kemenangan di White Hart Lane, Minggu (20/1).
Clint Dempsey, penyerang Tottenham Hotspur asal Amerika Serikat, menendang bola melewati garis gawang Manchester United saat pertandingan sudah memasuki waktu tambahan. Gol tersebut membuat tim asuhan Sir Alex Ferguson hanya unggul lima poin di depan Manchester City dalam perebutan tahta tertinggi Premier League musim ini.

United adalah tim yang memiliki reputasi sebagai tim yang sering mencetak gol di akhir pertandingan. Tapi pada kesempatan ini, Ferguson-lah yang harus menelan pil pahit. Sebelumnya, Robin van Persie berhasil menyundul bola untuk mencatatkan gol ke-22-nya di musim ini pada babak pertama dan membawa United mengontrol jalannya pertandingan.
Selama 92 menit United tampak akan kembali menjauhkan jarak menjadi tujuh poin di puncak klasemen. Adanya Phil Jones, Michael Carrick dan Tom Cleverley membuat mereka berhasil mengontrol permainan dan cukup efisien. Namun ketika United mengira mereka telah mampu mengatasi badai serangan Spurs di babak kedua, Dempsey mencetak gol.
Sepanjang pertandingan, kecemerlangan van Persie kembali terlihat seolah menutupi setiap kelemahan The Red Devils dalam pertandingan ini. Solidnya Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic di jantung pertahanan juga sama-sama mengesankan.
Kiper United, David De Gea juga bersinar dengan menjaga timnya tak kebobolan selama waktu pertandingan normal, terutama saat Spurs membombardir pertahanan United di babak kedua. Kegagalan De Gea hanya satu, yakni ketika ia meninju bola dan menjadi awal petaka terciptanya gol penyeimbang kedudukan Tottenham.
Pendukung Spurs di White Hart Lane tak tenang selama pertandingan akibat gol pembuka yang diciptakan oleh van Persie pada menit ke-25. Gol tersebut tercipta melalui proses yang cukup sabar.

Semua dimulai dari Danny Welbeck yang menemukan Cleverley berada dalam posisi yang menguntungkan di sisi kanan. Umpan silang Cleverley kemudian melaju ke area penalti dengan baik. Namun, semua terlihat lebih baik saat van Persie memenangkan duel udara melawan Kyle Walker dan berhasil menyundul bola masuk ke arah tiang dekat gawang kawalan Hugo Lloris. Gol tersebut menjadi gol ke-10-nya dalam 10 pertandingan Premier League terakhir.
Tottenham terus berusaha untuk pertama kalinya memenangkan dua pertandingan dalam satu musim liga melawan Manchester United setelah terakhir kali melakukannya pada musim 1989/1990. Namun, Gareth Bale yang berjuang keras untuk memaksakan dominasinya di lini tengah, area di mana United tampil apik pada pertandingan ini, masih gagal sepanjang babak pertama.
Sebagian besar proses tersebut terjadi berkat kerja keras para pemain United yang tak kenal lelah. Para pemain mereka, Rafael dan Phil Jones, berhasil menjaga ancaman utama dari pihak Tottenham, Bale, dan membuatnya merasa tak diinginkan di area pertahanan United.
Saat babak pertama hampir berakhir, bola terlepas ke arah Bale di ujung area penalti dan dia langsung menyambarnya dengan cepat. Bale kemudian membiarkan bola terbang menggunakan kaki kanannya dan sempat berbelok akibat membentur Ferdinand. Meski sudah mati langkah akibat berubahnya arah bola, De Gea berhasil melakukan penyelamatan dengan kaki kirinya.

Kiper asal Spanyol tersebut kemudian harus kembali melakukan penyelamatan di awal babak kedua untuk menyelamatkan gawangnya dari upaya Dempsey yang menendang bola dari jarak enam meter. Tak sampai di situ, De Gea kembali menggagalkan usaha pria Amerika Serikat tersebut yang mengarahkan bola ke sisi kanan gawangnya.
Dengan Spurs yang terus melakukan serangan berbahaya, Ferguson meresponnya dengan memasukkan Rooney yang hampir langsung memberikan kontribusi berarti. Striker Inggris tersebut terjatuh di area penalti akibat aksi Steven Caulker. Namun, wasit Chris Foy mengabaikan klaim United.
Spurs masih terus menggempur pertahanan United. Lennon berhasil melewati Patrice Evra dan membuat Defoe bergerak bebas di area penalti United. Namun striker berkewarganegaraan tersebut ragu-ragu di saat-saat genting sehingga membuat Ferdinand mendadak muncul dan memblok upayanya.

Ketika waktu pertandingan semakin sempit dan hampir berakhir, Spurs akhirnya berhasil menembus pertahanan The Red Devils. De Gea yang gagal menyapu bersih umpan silang Benoit Assou-Ekotto membuat Lennon mampu mengirimkan umpan ke arah Dempsey dan diselesaikan dengan baik untuk membuat kedudukan menjadi sama kuat, 1-1.
Susunan Pemain:
Tottenham Hotspur: Lloris, Naughton (Assou-Ekotto 64’), Dawson, Walker, Caulker, Dembele, Lennon, Parker (Huddlestone 80’), Bale, Dempsey, Defoe.
Manchester United: De Gea, Rafael, Ferdinand, Vidic, Evra, Jones, Carrick, Cleverley (Valencia 74’), Kagawa (Rooney 62’), Welbeck, van Persie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar